Harus kita akui bahwa blog adalah media sosial yang paling stabil. Stabil di sini berarti paling tahan terhadap gempuran sosial media baru...

Tips Menulis Blog yang Baik

/
9 Comments
Harus kita akui bahwa blog adalah media sosial yang paling stabil. Stabil di sini berarti paling tahan terhadap gempuran sosial media baru yang umumnya menawarkan segudang fitur baru pula. Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Google+, hampir tidak mampu menggeser kedudukan Blog di hati para penggunanya (termasuk saya, hehehe).

Apa yang harus saya tulis? Pertanyaan tersebut biasanya membayangi para Blogger baik blogger sepuh maupun blogger muda. Sangat sulit memang membuat tulisan yang bermutu jika otak kita sedang buntu. Pertanyaan tersebut merupakan indikasi bahwa otak anda sedang buntu. Jika anda tetap memaksa menulis, maka tulisan anda akan terkesan asal-asalan.

Blog memang berbeda dengan Facebook atau Twitter. Jika di Facebook atau Twitter anda mungkin hanya perlu menulis satu atau dua kalimat, setelah itu komentar akan bermunculan di tulisan anda. Tapi di blog tidak semudah itu, adakalanya tulisan anda bahkan tidak terbaca alias tidak ada yang baca. Di blog yang menentukan dibaca atau tidak tulisan adalah kualitas tulisan anda. Untuk bisa membuat tulisan yang baik,
anda bisa coba tips menulis blog yang baik di bawah ini:

Tetapkan tujuan anda. Menetapkan tujuan itu penting untuk mengarahkan kemana isi blog kita. Anda harus bisa menemukan untuk hal apa anda menulis. Anda menulis hanya sekedar hobi atau ada tujuan “terselubung” lain. Blogger umumnya menjadikan menulis sebagai hobi. Tapi tak jarang mereka menulis demi mendapatkan uang tambahan. Blogger yang demikian disebut blogger monetizing (ejaan saya bener gak?). Jika tujuan anda adalah uang, maka simak tips selanjutnya.

Perhatikan permintaan pasar. Pembaca blog ibarat pembeli, sedangkan penulis blog adalah penjual. Untuk bisa diterima pembeli maka anda harus menawarkan barang yang dicari oleh pembeli tersebut. Biasanya kata “cara” dan kata “tips” adalah yang paling banyak dicari di mesin pencari. Jika tujuan anda adalah uang, maka lebih baik anda menulis blog anda dengan cara-cara atau tips-tips.

Sesuaikan kemampuan anda. Apa profesi anda? Jika anda seorang guru IPS maka jangan pernah sekali-kali membuat tulisan yang berjudul “cara menurunkan kolesterol darah”. Selain anda nanti akan dicibir, tulisan anda pasti juga tidak berkualitas. Tulislah apa yang paling anda pahami. “Cara mendapat pacar” saya rasa cocok untuk ditulis oleh seorang guru IPS. Hehehe

Jangan copy-paste! Cara yang paling instan dalam membuat tulisan adalah copy-paste. Copy-paste adalah mencomot tulisan orang lain dan memasangnya di blog anda. Meskipun mudah, tapi copy-paste adalah etika yang buruk. Blog anda bisa saja kena banned. Selain itu, pembaca akan menjauhi blog anda. Pembaca cenderung mencari tulisan yang original. Kalaupun anda terpaksa copy-paste maka jangan lupa tampilkan link tulisan aslinya.

Sekian tips menulis blog yang baik dari saya. Semoga bermanfaat. :)



You may also like

9 komentar:

  1. Oh ini ternyata blognya mas tegus, bagus sekali artikelnya mas. Tidak seperti kbanyak blog blog lainnya.

    Sip... gagasannya bagus sekali. Ide yang renyah bagi para penulis yang buntu menulis. Suatu perkayaan intelektual, ..

    ini komentar perdana lho,.. siap, saling silaturrahim ya... pintu rumah mayaku di buka lebar-lebar.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah sudi mampir di gubug pemikiran saya yang sederhana ini. :)
      Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas tulisan. Blogger never die. Hehehe

      Hapus
    2. amin... semoga ke depan semakin maju..dan sukses..

      Hapus
  2. Belajar Nulis sama pak Teguh ahh.... :D

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Weww, ada makmin nongol di sini. #sesuatu :)

      Hapus
  4. Menurut saya menulis diblog memang musti disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan.Kalau tidak hasilnya bisa saja kita menulis sesuatu yang tidak kita pahami.Bisa juga karena tidak paham akhirnya mencari jalan pintas,yaitu copas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Saat ini banyak blogger yang cuma mengejar target minimum posting saja. Akibatnya tulisannya asal-asalan dan seringkali copy-paste.

      Hapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.