Cukup miris juga melihat fakta ini. Beberapa hari yang lalu saya sempat memeriksa tabel periodik unsur milik salah satu murid. Perkara ini s...

Thallium, Ti atau Tl?

/
2 Comments
Cukup miris juga melihat fakta ini. Beberapa hari yang lalu saya sempat memeriksa tabel periodik unsur milik salah satu murid. Perkara ini sebenarnya sangat sederhana tapi bisa berdampak luar biasa apabila terus dibiarkan. Berkembang suatu kesalahkaprahan yang saya khawatirkan bisa menjadi suatu kebenaran umum. Ahh, saya terlalu lebay. :D

Anda punya tabel periodik? Atau buku yang memiliki tabel periodikdi sampulnya? Periksa tabel periodik anda sebelum terlambat. Perhatikan gambar tabel periodik unsur yang saya comot dari situs X ini:



Cobalah perhatikan unsur Thallium yang terletak di golongan IV A periode 6. Jika tabel periodik anda
tertulis Tl maka sudah benar. Tapi jika tertulis Ti maka segera perbaiki dengan mengganti huruf i dengan l.

Thallium/Talium (bahasa Indonesia) memiliki nomor atom 81. Thallium memiliki singkatan resmi Tl bukan Ti karena Ti adalah singkatan untuk Titanium. Thallium pertama kali ditemukan oleh William Crookes pada tahun 1861 dan diisolasi pertama kali oleh Claude-Auguste Lamy pada tahun 1862. Kata Thallium berasal dari bahasa Yunani thallos yang berarti ranting.

Saya tidak tahu penyebab mengapa banyak tabel periodik yang memiliki kesalahan terutama dalam menyebutkan Thallium. Saya menduga kesalahan terletak pada si penerbit yang tidak mengoreksi ulang sebelum naik cetak. Memang sekilas huruf l pada Tl tampak seperti huruf I. Tapi seharusnya penerbit tahu bahwa huruf kedua dari unsur itu merupakan huruf kecil bukan huruf kapital.

Sebagai seorang pendidik hendaknya guru jeli memeriksa semua sumber belajar siswa. Jangan sampai guru kecolongan dengan membiarkan siswa belajar dari sumber yang salah. Memang ini bukan pekerjaan ringan tetapi masih bisa dilakukan, mumpung masih belum terlambat. Cara mendeteksi kesalahan tersebut sebenarnya cukup mudah. Bapak/Ibu cukup menyuruh siswa mengucapkan unsur-unsur yang berada di golongan IV. Siswa yang belajar dari tabel periodik yang salah pasti akan menjawab B-Al-Ga-In-Ti padahal seharusnya B-Al-Ga-In-Tl.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar jika menganggap tulisan ini bermanfaat. :)



You may also like

2 komentar:

  1. wah=--wah... masnya ini calon fisikawan..
    sip... cerdasnya..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.