Terinspirasi saat saya praktikum Kimia Analitik II. Ternyata noda kunyit yang kuning bisa berubah warna saat bercampur dengan larutan deterg...

Tips Mencuci Baju yang Terkena Noda Kunyit

/
0 Comments
Terinspirasi saat saya praktikum Kimia Analitik II. Ternyata noda kunyit yang kuning bisa berubah warna saat bercampur dengan larutan detergen. Tentu hal ini sangat menjengkelkan. Semakin banyak detergen yang kita gunakan maka akan semakin coklat pula baju kita. Hal ini karena sifat basa yang ada pada detergen. Sifat basa tersebut telah mengubah warna noda kunyit menjadi coklat. Untuk bisa menghilangkan noda kunyit tanpa meninggalkan berkas coklat bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Gunakan air biasa, cara ini adalah cara yang paling mudah. Air memiliki pH 7 (netral) sehingga tidak akan mencoklatkan noda kunyit. Rendam cucian dalam air secukupnya sampai noda memudar. Lalu dikucek sampai berkurang nodanya. Sudah saya praktekkan, memang sih nodanya tidak hilang 100% tetapi sudah lumayan berkurang.
  • Gunakan pemutih, bahan yang terkandung di dalam pemutih adalah klorit yang merupakan senyawa oksidator yang cukup kuat. Klorit bisa mengoksidasi kotoran. Apabila baju anda tidak berwarna putih, saya sarankan untuk tidak menggunakan cara ini. Karena bisa menyebabkan lunturnya warna baju.
Sekian, semoga bermanfaat.


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.