Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu.Adanya fenomena di sekitar yang menimbulkan rasa ingin tahu seseorang untuk menggali lebih l...

Epistemologi Adalah ....

/
0 Comments

Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu.Adanya fenomena di sekitar yang menimbulkan rasa ingin tahu seseorang untuk menggali lebih lanjut.Namun tidak semua pengetahuan dapat menjadi sebuah ilmu.Pengetahuan pada hakikatnya merupakan segenap apa yang kita ketahui tentang suatu obyek tertentu, termasuk kedalamnya adalah ilmu, jadi ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia (Suriasumantri, 2010: 104). Pengetahuan merupakan sumber jawaban dari berbagai pertanyaan yang muncul dalam kehidupan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ilmu merupakan bentuk pemikiran manusia yang dapat dibuktikan dan diterima oleh pikiran yang memiliki sifat empiris, praktis, dan sistematis.Ilmu membatasi diri pada pengkajian obyek yang berada dalam lingkup pengalaman manusia.Dengan mempelajari hakikat dari ilmu, maka manusia akan dapat lebih menghargai dan meningkatkan apresiasinya terhadap ilmu, serta mengetahui tentang kelemahan-kelemahan ilmu yang dikaji. 
Untuk mendapatkan ilmu yang benar maka diperlukan pengetahuan yang benar karena pengetahuan dikumpulkan oleh ilmu dengan tujuan untuk menjawab permasalahan kehidupan sehari-hari yang dihadapi manusia.Lalu bagaimanakah mendapatkan dan menyusun pengetahuan yang benar?Dalam cabang ilmu filsafat disebut dengan istilah Epistemologi. Setiap jenis pengetahuan memiliki ciri-ciri spesifik mengenai apa (ontologi), bagaimana (epistemologi) dan untuk apa (aksiologi) pengetahuan tersebut disusun. Pada makalah ini penulis akan memaparkan bagaimana mendapatkan pengetahuan yang benar dan bagaimana menguji pengetahuan yang telah didapatkan.
download makalah lengkap disini



You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.