Secure Socket Layer atau SSL tampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan saat ini. Setahun yang lalu Google mengumumkan bahwa ketersediaan samb...

Cara Install Letsencrypt, SSL Gratis

/
1 Comments
Secure Socket Layer atau SSL tampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan saat ini. Setahun yang lalu Google mengumumkan bahwa ketersediaan sambungan aman atau SSL menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan ranking sebuah website[1]. Blogger sebagai platform blogging populer pun ikut-ikutan menambahkan fasilitas SSL. Hal ini semakin membuktikan bahwa SSL memang penting.

Ilustrasi keamanan (Pixabay)

Setidaknya terdapat dua faktor yang menyebabkan lambannya penerapan SSL oleh para pengelola website. Faktor pertama, penginstallan SSL membutuhkan teknologi tertentu. Misalnya suatu website harus memiliki dedicated IP. Atau jika menggunakan CPanel maka harus mendukung fitur SNI. Faktor kedua, adalah masalah biaya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat tidaklah murah. Rentang biaya sertifikat mulai dari Rp 70.000 hingga jutaan rupiah. Terdapat juga beberapa provider yang menyediakan sertifikat gratis yang bisa Anda manfaatkan. Provider gratis tersebut antara lain StartSSL, WoSign, dan Letsencrypt.

Karena StartSSL dan WoSign sudah banyak dibahas di blog-blog lain maka dari itu saya akan membahas Letsencrypt. Letsencrypt adalah sebuah layanan open source yang memberikan sertifikat gratis. Letsencrypt bersifat gratis, otomatis, dan transparan. Letsencrypt berada di bawah pengelolaan Internet Security Research Group (ISRG). Letsencrypt baru saja meluncurkan versi beta pada tanggal 13 Desember 2015.

Cara penginstallan Letsencrypt sangat berbeda dengan StartSSL atau WoSign. Untuk menginstall Letsencrypt diperlukan akses root ke server atau VPS. Pada tutorial kali ini saya menggunakan VPS 512 MB dari DigitalOcean (link afiliasi, gratis $10) yang sudah saya install Debian 8. Berikut ini adalah langkah-langkahnya [2][3] :

1. Buka terminal lalu install apache2, libgaus0, dan git

  apt-get install apache2 libaugeas0 git  

2. Install Letsencrypt

  git clone https://github.com/letsencrypt/letsencrypt  
  cd letsencrypt  
  ./letsencrypt-auto --apache 

3. Pada saat proses penginstallan, anda akan diminta untuk mengisi domain dan email yang Anda gunakan. Domain yang diisikan boleh lebih dari satu.


Lengkapi semua data yang diperlukan hingga proses penginstallan selesai.


Ketika proses penginstallan selesai maka Anda sudah bisa langsung menggunakan https untuk mengakses website Anda.


Sertifikat dari Letsencrypt hanya memiliki masa pakai 3 bulan karena masih dalam versi beta. Setelah 3 bulan Anda harus memperbarui sertifikat tersebut dengan mengeksekusi Letsencrypt lagi.

Selamat mencoba! :)


Referensi :
[1] http://searchengineland.com/google-starts-giving-ranking-boost-secure-httpsssl-sites-199446
[2] https://letsencrypt.readthedocs.org/en/latest/using.html#installation
[3] http://thehackernews.com/2015/12/How-to-Install-Lets-Encrypt-SSL-Certificate.html


You may also like

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.