Menulis? Siapa takut!! Banyak teman-teman saya yang sudah punya blog tapi blognya kosong alias tidak berkonten. Ataupun ada isinya tetapi h...

Jangan Takut Menulis

/
0 Comments
Menulis? Siapa takut!!
Banyak teman-teman saya yang sudah punya blog tapi blognya kosong alias tidak berkonten. Ataupun ada isinya tetapi hasil menjiplak alias plagiat. Fenomena tersebut terjadi karena generasi kita sekarang ini adalah generasi yang malas menulis. Sebenarnya menulis tidak memerlukan keahlian khusus.Yang diperlukan hanyalah sedikit ide dan tangan untuk mengkristalisasi ide kita dalam sebuah media. Menulis tidak selalu harus di komputer, menulis juga bisa dilakukan pada selembar kertas.
Apa yang akan saya tulis?
Pertanyaan itulah yang mungkin menyertai anda ketika anda mau menulis. Sebenarnya jawabannya sangat
mudah. Yang akan anda tulis adalah "isi" pikiran anda. Isi pikiran anda bisa bermacam-macam, karena pikiran sendiri adalah sesuatu yang luas. Misal, ketika anda sedang membeli makanan di kantin. Mungkin anda bisa mulai menulis apa yang anda rasakan. Seperti, rasa masakan, posisi strategis kantin, ataupun keramah-tamahan pelayannya. Intinya, eksplorasi semua yang ada di dalam pikiran anda.
Media yang cocok untuk tulisan anda
Jika di lingkungan anda ada layanan internet, sebaiknya anda menulis di blog ataupun di layanan sejenis. Blog adalah media yang paling tepat untuk publikasi tulisan anda. Melalui blog, tulisan anda bisa diakses secara global. Namun jika di lingkungan anda tidak ada layanan internet, sebaiknya anda jangan memaksakan untuk mempublikasikannya menggunakan blog. Lebih baik anda menuangkan ide anda di atas kertas karena medianya murah dan mudah didapat. Anda bisa mempublikasikan tulisan anda melalui mading ataupun surat kabar.
Apakah perlu mempublikasikan setiap tulisan kita?
Jawabannya perlu sekali, kita menulis untuk menuangkan pikiran kita agar orang lain tahu isi pikiran kita. Jadi, percuma apabila kita menulis tanpa publikasi. Penulis tanpa pembaca ibarat sepeda motor tanpa bensin. Setiap tulisan kita yang dibaca orang, maka akan menjadi energi dan membuat kita semangat untuk menulis lagi.
Semoga apa yang saya uraikan di atas bermanfaat,
Selamat menulis, ^_^


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.