Nyontek adalah segala daya upaya untuk berbuat curang saat ujian agar mendapatkan nilai bagus. Sebab seseorang mencontek sebenarnya bukan ka...

Gerakan Anti Nyontek

/
0 Comments
Nyontek adalah segala daya upaya untuk berbuat curang saat ujian agar mendapatkan nilai bagus. Sebab seseorang mencontek sebenarnya bukan karena faktor nilai semata. Apabila dikaji lebih lanjut, mencontek disebabkan kurangnya kepercayaan diri siswa. Siswa kurang percaya diri karena mereka sadar bahwa materi terkait ujian yang mereka hadapi sangat kurang atau tidak memadai. Apabila diruntut sebab-sebab siswa mencontek maka kita akan menemukan satu kunci yang ikut andil yaitu guru.

Peranan guru sangat besar dalam memastikan siswa bahwa materi yang mereka kuasai cukup memadai untuk menghadapi ujian. Untuk bisa melakukan fungsi tersebut, guru harus mengecek pemahaman siswa satu-persatu. Guru tidak boleh hanya duduk di depan kelas saja tetapi guru harus sering-sering berdiskusi dengan siswa perihal materi yang belum mereka kuasai.
Gerakan anti nyontek yang digembar-gemborkan oleh guru tidak akan efektif tanpa peningkatan kualitas pengajaran yang dilakukan oleh guru itu sendiri.


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.