ChemDraw adalah software yang digunakan untuk menggambar struktur molekul. ChemDraw merupakan bagian dari ChemOffice yang dibuat oleh Cambri...

MarvinSketch, Software Alternatif Pengganti ChemDraw

/
0 Comments
ChemDraw adalah software yang digunakan untuk menggambar struktur molekul. ChemDraw merupakan bagian dari ChemOffice yang dibuat oleh Cambridge Soft. ChemDraw sangat mudah digunakan dan terintegrasi dengan Microsoft Word. ChemDraw hampir tidak memiliki cacat. Tapi ada satu kekurangan ChemDraw yaitu hargannya yang mahal. ChemDraw untuk penggunaan komersil dijual seharga $3,090 atau Rp. 36.094.301. Sedangkan untuk penggunaan akademik dijual seharga $1,290 atau Rp. 15.068.495.

Logo ChemDraw (edtechroundup.org)

Mahal, tapi mengapa banyak digunakan di Indonesia?

ChemDraw merupakan software wajib bagi mahasiswa kimia yang digunakan hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sekaya itukah mahasiswa Indonesia? Jawabanya TIDAK. Kebanyakan ChemDraw yang digunakan mahasiswa adalah ChemDraw bajakan. Eh salah, ChemDraw-nya asli tetapi key-nya yang diperoleh secara ilegal. Sebenarnya CambridgeSoft tidak terlalu kejam, CambridgeSoft memberikan gratis trial selama 14 hari bagi anda yang ingin mencicipi ChemDraw. Setelah 14 hari maka anda diharuskan membayar jika ingin terus menggunakan ChemDraw. Download ChemDraw versi trial disini.

MarvinSketch, alternatif pengganti ChemDraw

Menurut situs Alternativeto.net terdapat 8 software alternatif pengganti ChemDraw. Tujuh software gratis, dan satu software komersial. Tujuh software gratis antara lain Avogadro, ChemSketch, Marvin, BKChem, MollyCule, XDrawChem, dan JChemPaint. Sedangkan satu software yang komersial adalah ChemDoodle. Dari sekian banyak software pengganti yang paling populer adalah Avogadro. Tapi menurut saya yang paling tepat untuk menjadi alternatif ChemDraw adalah MarvinSketch.

MarvinSketch adalah software untuk menggambar struktur molekul. MarvinSketch dibuat oleh Chemaxon. MarvinSketch dapat digunakan secara gratis. Jika anda ingin menambah fitur seperti NMR Prediction, PKa prediction dll maka anda bisa membayar. Atau anda bisa juga mengajukan Academic License untuk mendapatkan full features tanpa biaya sepeserpun. Dengan versi gratis pun sebenarnya sudah cukup memuaskan.

Tampilan antarmuka MarvinSketch (dok pri)

Fitur yang ada pada MarvinSketch (versi gratis) cukup komplit. Sama seperti ChemDraw, MarvinSketch mendukung fitur convert name to structure dan juga sebaliknya. MarvinSketch juga memiliki fitur pencarian struktur secara online menggunakan ChemSpider, Chemicalize, dan PubChem. Struktur yang digambar di MarvinSketch dapat disimpan dalam format mol, cube, dan berbagai format populer lainnya. Selain itu struktur tersebut juga bisa diekspor menjadi file gambar.

Bagaimana? Tertarik beralih ke MarvinSketch? Download Marvin disini.


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.