Jembatan Lama Kota Kediri adalah jembatan yang menghubungkan antara Kota Kediri bagian barat dengan Kota Kediri bagian timur. Jembatan t...

Fakta-Fakta Menarik Seputar Jembatan Lama Kota Kediri

/
0 Comments
Jembatan Lama Kota Kediri adalah jembatan yang menghubungkan antara Kota Kediri bagian barat dengan Kota Kediri bagian timur. Jembatan tersebut sampai saat ini masih kokoh berdiri dan dapat digunakan dengan baik meskipun usianya sudah mencapai lebih dari satu abad (146 tahun). Jembatan Lama merupakan bukti kejayaan Kediri pada zaman kolonial Belanda. Jembatan Lama Kediri menyimpan berbagai fakta menarik yang perlu Anda ketahui :

1) Jembatan Konstruksi Besi Pertama di Jawa

Jembatan Lama memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jembatan lain. Jembatan Lama menggunakan konstruksi besi berbeda dengan jembatan modern yang menggunakan konstruksi beton. Konstruksi besi ini dibangun di atas tiang sekrup yang dipasang di dalam sungai. Jembatan di atas Kali Brantas di Kediri adalah jembatan besi yang pertama di Jawa dan merupakan mega proyek di jamannya.

Jembatan Lama Kota Kediri Tempo Dulu (sumber : Merdeka.com)

2) Dibangun Oleh Seorang Insinyur Belanda

Jembatan Lama dirancang oleh insinyur kenamaan Belanda saat itu, Sytze Westerbaan Muurling. Sytze Westerban lahir di Belanda pada 29 November 1836, meninggal dunia. 17 Oktober 1876 di Batavia. Dia adalah anak dari Dr W. Muurling seorang pendeta dan juga seorang profesor teologi.
Pada tahun 1859 dia memperoleh ijazah insinyur sipil. Atas perintah Menteri koloni 4 Februari 1860 ia diangkat ke direktur pekerjaan umum di Hindia Belanda.

3) Jembatan Pertama yang Menghubungkan Surabaya dengan Madiun

Keberadaan Jembatan Lama pada zamannya sangatlah krusial. Karena selain menjadi penghubung wilayah Kota Kediri bagian barat dan timur, Jembatan Lama juga menjadi satu-satunya jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Kota Madiun. Maka tak heran jika pemerintahan kolonial memberi perhatian lebih pada jembatan besi tersebut.


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.