Bagi Anda yang sering bergelut di laboratorium kimia pasti sudah tidak asing dengan yang namanya labu Erlenmeyer (biasanya hanya diucapkan ...

Tentang Labu Erlenmeyer

/
2 Comments
Bagi Anda yang sering bergelut di laboratorium kimia pasti sudah tidak asing dengan yang namanya labu Erlenmeyer (biasanya hanya diucapkan Erlenmeyer saja). Erlenmeyer Flask atau Labu Erlenmeyer adalah sebuah labu berbentuk kerucut yang memiliki dasar datar. Labu Erlenmeyer menjadi semacam benda keramat bagi kimiawan. Karena hampir di setiap laboratorium kimia selalu tersedia yang namanya Labu Erlenmeyer.

Labu Erlenmeyer (sumber : Pixabay)

Emil Erlenmeyer

Dialah sang pencipta Labu Erlenmeyer. Richard August Carl Emil Erlenmeyer atau Emil Erlenmeyer lahir pada tanggal 28 Juni 1825 di Taunusstein, kota di sebelah Wiesbaden, Jerman, putra seorang pendeta Protestan. Erlenmeyer memulai studi di Universitas Justus Liebig, Giessen. Perjalanan studi Erlenmeyer tidak begitu mulus. Persaingan di lab terkenal Liebig cukup sengit. Bahkan dia harus berganti-ganti grup penelitian dan kehabisan uang. Meskipun demikian, ayahnya tetap bersikukuh agar dia menyelesaikan studi hingga mendapat kualifikasi "useful" dalam bidang farmasi.

Emil Erlenmeyer (sumber : Royal Society Chemistry)

Hingga pada tahun 1861, Erlenmeyer menciptakan sebuah labu yang membuatnya terkenal. Labu tersebut memiliki dasar datar yang sangat sempurna untuk pemanasan sehingga banyak digunakan untuk rekristalisasi. Sisi kerucut membuat cairan sulit tumpah sehingga cocok digunakan sebagai wadah analit titrasi yang memerlukan pengocokan. Labu itulah yang kemudian kita kenal dengan Labu Erlenmeyer. 


You may also like

2 komentar:

  1. Aku justru fokus gambar header cowok sebelah kanan yang pake kaos emyu itu, kok ganteng bener ya... :D
    #gagalfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto jaman dulu. Kalau sekarang amit-amit dah :D

      Hapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.