Perkembangan teknologi informasi yang pesat membawa dampak positif terhadap pembelajaran. Belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas. Belaja...

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Kimia

/
0 Comments
Perkembangan teknologi informasi yang pesat membawa dampak positif terhadap pembelajaran. Belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas. Belajar bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi ibarat pisau bermata dua. Apabila tidak digunakan secara maksimal untuk pembelajaran maka justru akan berdampak buruk terhadap peserta didik.

Androids (Etnyk/Flickr)

Android sebagai salah satu mobile operating system terpopuler juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran kimia. Sejak dulu kimia memang tidak bisa terlepas dari teknologi. Teknologi mempermudah peserta didik memahami ilmu kimia yang terkenal dengan konsep-konsepnya yang abstrak. Berikut ini adalah lima aplikasi android terbaik untuk belajar kimia :

1. Chemical Calculator

Screenshot Chemical Calculator (Google Play)

Chemical Calculator merupakan aplikasi untuk membantu anda menenentukan mol dari massa begitu pula sebaliknya. Cara menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah, yaitu cukup dengan memasukkan rumus molekul dan jumlah yang ingin dikonversi. Sampai saat ini Chemical Calculator sudah didownload tak kurang dari 10.000 kali dengan rating 4. Chemical Calculator cukup hemat memori karena hanya berukuran 1 MB. Download Chemical Calculator disini.

2. Periodic Table - JQ Soft

Screenshot Periodic Table (Google Play)

Banyak sekali aplikasi tabel periodik di Google Play, salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Periodic Table yang dibuat oleh JQ Soft. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang cukup lengkap yaitu mencakup 118 unsur, sifat kimia unsur dan diagram kelarutan. Periodic Table merupakan solusi bagi anda yang tidak mau ribet membawa tabel periodik konvensional. Sampai saat ini Periodik Table telah didownload lebih dari 500.000 kali dengan rating 4,5. Aplikasi ini membutuhkan memori 1,7 MB. Download aplikasi Periodic Table JQ Soft disini.

3. Chemistry Solver Reaction

Screenshot Chemistry Solver Reaction (Google Play)

Chemistry Solver Reaction merupakan aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan reaksi kimia. Chemistry Solver Reaction berjalan secara offline. Cara penggunaan Chemistry Solver Reaction dengan memasukkan rumus molekul reaktan dan produk lalu setelah itu otomatis akan ditentukan koefisien masing-masing molekul. Sampai saat ini Chemistry Solver Reaction telah didownload lebih dari 100.000 kali dengan rating 4. Chemistri Solver Reaction sangat ringan karena hanya berukuran 250 KB. Chemistry Solver Reaction dapat didownload di sini.

4. AtomDroid

Screenshot AtomDroid (Google Play)

AtomDroid adalah aplikasi kimia komputasi untuk melihat struktur molekul menggunakan perangkat mobile. AtomDroid mendukung fitur-fitur kimia komputasi seperti molecular building, trajectory analysis, dan molecular viewing. AtomDroid dikembangkan oleh CCB Goettingen - University of Göttingen Germany. Sampai saat ini AtomDroid telah didownload lebih dari 10.000 kali dengan rating 4,3. Download AtomDroid di sini.

5. ChemSpider Mobile

Screenshot ChemSpider (Google Play)

ChemSpider Mobile merupakan aplikasi yang dapat membantu pencarian data senyawa di database ChemSpider. Hanya dengan mengetikkan nama senyawa atau menggambar molekul senyawa maka sudah bisa dicari data senyawa tersebut. Sampai saat ini ChemSpider Mobile sudah didownload lebih dari 10.000 kali dengan rating 4,2. Download ChemSpider Mobile di sini.


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.