Lazarus bukan guru apalagi mahasiswa ganteng seperti saya ini (no protest). Kata Wikipedia, Lazarus adalah lingkungan pengembangan terpadu (...

Lazarus dan Kimia Komputasi

/
0 Comments
Lazarus bukan guru apalagi mahasiswa ganteng seperti saya ini (no protest). Kata Wikipedia, Lazarus adalah lingkungan pengembangan terpadu (LPT) sumber terbuka bagi pengguna bahasa pemrograman Pascal dan Object Pascal yang menyediakan lingkungan pengembangan yang mirip dengan Delphi. LPT ini dibangun untuk dan didukung oleh kompilator Free Pascal (FPC). Mempunyai moto Write Once Compile Anywhere artinya hanya dengan sebuah kode sumber program dapat dikompilasi di semua platform OS (Windows, Linux, Mac OS dan lain-lain.) dan arsitektur (i386, x86_64, arm dan lain-lain) yang didukung. Ini maksudnya apa, saya juga belum paham. Secara sederhana Lazarus dapat diartikan sebagai software pembuat software.

Lazarus Logo (Wikimedia)

Lalu apa hubungannya dengan kimia komputasi?

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Komputasi secara luas juga dipergunakan dalam ilmu kimia. Mulai dari penentuan struktur atom hingga analisis zat, hampir semua aktivitas kimia tidak terlepas dari komputasi.

[ilustrasi] Budi sedang melakukan percobaan titrasi asam-basa di laboratorium. Hasil konsentrasi sampel berhasil dia hitung dengan tepat hanya menggunakan pensil dan kertas. Nah pertanyaannya bagaimana kalau Budi harus menganalisis 500 sampel dalam waktu semalam? Cukupkah Budi mengandalkan pensil dan kertas saja untuk menghitung semua hasil tersebut? Itulah kegunaan dari komputasi. Komputasi dapat membantu kerja manusia secara lebih cepat dan akurat.

Untuk kasus Budi di atas maka perlu software untuk menghitung konsentrasi sampel. Nah, di sinilah tugas si Lazarus. Lazarus dapat dipergunakan untuk membuat software yang bisa mempercepat pekerjaan Budi. Bagaimana caranya? Tunggu tutorial selanjutnya. :)


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.