Kediri merupakan sebuah kawasan yang berada di bawah dua pemerintahan daerah yaitu, Pemkab Kediri dan Pemkot Kediri. Meskipun terpisah s...

Festival-Festival Budaya di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi (Juni-Desember 2015)

/
0 Comments

Kediri merupakan sebuah kawasan yang berada di bawah dua pemerintahan daerah yaitu, Pemkab Kediri dan Pemkot Kediri. Meskipun terpisah secara administrasi, kenyataannya masyarakat Kediri tetap menyatu dalam semua aspek termasuk budaya dan pariwisata. Kediri diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Wilis di sisi barat dan Gunung Kelud di sisi timur. Di Kediri juga mengalir sungai terpanjang kedua di Jawa Timur yaitu Sungai Brantas. Kondisi geografis yang sedemikian rupa menyebabkan tingginya keanekaragaman budaya masyarakat Kediri. Meskipun demikian masyarakat Kediri tetap terbuka terhadap kebudayaan modern.

Pelestarian kebudayaan di Kediri terwujud dalam beberapa festival yang digelar oleh pemerintah daerah setempat dan kelompok masyarakat yang peduli budaya. Berikut ini adalah daftar festival yang akan digelar di Kediri antara bulan Juni-Desember 2015.

1) Festival Jalan Dhoho (tanggal belum pasti)
Jalan Dhoho merupakan salah satu nama jalan yang populer di Kediri. Jalan Dhoho menjadi pusat perniagaan di Kediri selama beberapa dekade. Maka tak heran jika Pemkot Kediri memilih Jalan Dhoho sebagai tempat menggelar festival. Festival Jalan Dhoho biasanya digelar dalam rangkaian perayaan HUT Kota Kediri. Festival Jalan Dhoho diisi oleh pagelaran budaya dan pasar malam di sepanjang Jalan Dhoho. Dilansir dari situs eastjava.com, Festival Jalan Dhoho diperkirakan digelar Juni-Juli 2015.

2) Festival Kali Brantas (tanggal belum pasti)
Kali Brantas sangat lekat dengan masyarakat Kediri. Kali Brantas digunakan sebagai jalur perniagaan utama sejak zaman Kerajaan Kediri. Untuk menghidupkan kembali euforia di sungai terpanjang kedua tersebut maka digelarlah Festival Sungai Brantas. Festival tersebut digelar dalam rangkaian perayaan HUT Kota Kediri. Festival Sungai Brantas menyajikan pagelaran seni dan budaya di bantaran sungai. Dilansir dari situs eastjava.com, Festival Sungai Brantas diperkirakan digelar Juni-Juli 2015.

3) Arts Island Festival (2-5 September 2015)
Arts Island Festival adalah festival yang diperuntukan bagi para seniman independen. Festival ini memberi peluang bagi seniman-seniman lokal Indonesia dan seniman Internasional untuk tour ke daerah untuk menunjukan karya mereka. Festival ini mendorong seniman untuk berbagi hasil karya mereka dengan masyarakat juga para seniman lain dari latar belakang budaya yang berbeda. Arts Island Festival juga mendorong integrasi proses kreatif yang bertujuan untuk mengikis batas-batas yang sering terjadi antara seniman sebagai pelaku maupun masyarakat sebagai penontonnya. Arts Island Festival sudah beberapa kali digelar di Kediri. Dilansir dari situs theartsislandfestival.com, festival tersebut digelar tanggal 2-5 September 2015. Sayangnya belum ada bocoran dimana festival tersebut digelar.
mas Tony Brandon ketika tampil pada pagelaran tahun 2013
di Pasar Jatikapur Tarokan Kediri yang kebetulan dekat dengan rumah saya :D
(sumber : theartsisland festival.com)

4) Festival Gunung Kelud (10 Suro 1949)
Meletusnya Gunung Kelud tanggal 13 Februari 2014 lalu merupakan pertanda akan kebesaran Tuhan dan peringatan bagi manusia untuk menjaga alam. Kegiatan Festival Kelud merupakan kegiatan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk Sesaji Kelud oleh Umat Hindu di Kediri dan masyarakat Lereng Kelud. Event ini juga dimeriahkan oleh beragam pertunjukan seni tradisional dan modern, serta pameran kerajinan. Festival Gunung Kelud digelar di Kawasan Wisata Kelud Kediri. Dilansir dari situs disbudpar.jatimprov.go.id, Festival Kelud tahun ini dilaksanakan tanggal 10 Suro 1949 (bulan Oktober 2015).

Selain beberapa festival yang sudah saya sebutkan di atas, tentunya masih banyak event menarik yang wajib Anda kunjungi di Kediri seperti Pekan Budaya Kediri, Eksponak Kediri, Parade Budaya Kediri, dll. Jadi siapkan diri Anda.

Ayo, Kediri Lagi! :)


You may also like

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.