Di jaman yang serba digital ini, e-learning seakan bukan makanan baru dalam dunia pendidikan. E-learning memadukan antara pembelajaran den...

5 Situs Penyedia E-Learning Gratis

/
3 Comments
Di jaman yang serba digital ini, e-learning seakan bukan makanan baru dalam dunia pendidikan. E-learning memadukan antara pembelajaran dengan kemajuan teknologi. Pengembangan e-learning di Indonesia seringkali terhambat kemajuan infrastruktur yang berakibat pada pembengkakan biaya operasional. Untuk membuat sebuah portal e-learning rata-rata dibutuhkan biaya hingga 6 juta rupiah. Tentu saja hal itu terasa memberatkan bagi sekolah yang ber-budget rendah. Padahal kebutuhan e-learning sudah semakin mendesak mengingat ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan.

Distance Learning (Flickr)

Anda tak perlu khawatir. Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan layanan e-learning gratis. Berikut ini adalah 5 situs penyedia e-learning gratis yang patut anda coba.

(1) Edmodo.com. Merupakan salah satu situs e-learning paling populer di jagat maya. Edmodo mengklaim telah memiliki 31 juta member yang terdiri dari guru dan murid. Edmodo menawarkan fasilitas online classroom, assigment, dan back pack. Tampilan yang sederhana dan ringan menjadi keunggulan tersendiri untuk Edmodo. Semua layanan Edmodo diberikan secara gratis, dan tanpa fitur premium. Anda bahkan bisa mendownload aplikasi Edmodo di Appstore dan Google Play untuk mendukung mobile learning.

(2) Udutu.com.  Udutu merupakan sebuah service company. Udutu meluncurkan layanan gratis pada bulan Mei tahun 2006. Beberapa fasilitas gratis yang bisa anda nikmati di Udutu antara lain build branching simulations and case-studies, interactive quizzes, dan complex assessments. Udutu juga menyediakan layanan premium/berbayar dengan fasilitas tambahan Learning Management System (LMS).

(3) ATutorSpaces.com. ATutorSpaces, seperti namanya situs yang satu ini menyediakan space gratis kepada tutor/guru. Anda dapat mengelola hingga tiga kursus dengan 300 MB diskspace. Berikut ini adalah kursus yang saya buat di ATutorSpaces : https://teguh.atutorspaces.com. ATutorSpaces juga menyediakan fitur premium jika anda menginginkan lebih.

(4) CourseSites.com. CourseSites merupakan pemenang Award of Excellence Winner Tech and Learning 2011.CourseSites dikelola oleh perusahaan BlackBoard. CourseSites memiliki tampilan yang menarik dibandingkan situs e-learning lainnya. CourseSites juga dilengkapi fasilitas Grade Center yang memungkinkan anda mengatur grading para siswa.

(5) MDL2.com. Mdl2 bukan sebuah perusahaan. Mdl2 didirikan oleh pengguna Moodle. Moodle merupakan platform e-learning yang paling populer. Dengan sign up di Mdl2 maka anda akan mendapatkan hosting gratis untuk moodle+subdomain e-learning anda.

Sekian artikel mengenai situs e-learning gratis. Semoga bermanfaat.


You may also like

3 komentar:

  1. thanks yach,, akhirnya dapat juga nama situs yg di cari
    akhirnya cepat selesai juga ini tugas,

    BalasHapus
  2. Sekarang universitas top punya online learning semua. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.