Jalan-jalan ke Kota Kediri rasanya masih belum lengkap jika belum mencicipi penganan khas. Berbagai makanan khas Kota Kediri tentunya memi...

Makanan-Makanan Khas Kota Kediri Ini Patut Anda Coba

/
7 Comments
Jalan-jalan ke Kota Kediri rasanya masih belum lengkap jika belum mencicipi penganan khas. Berbagai makanan khas Kota Kediri tentunya memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Berikut ini adalah makanan-makanan khas Kota Kediri yang patut Anda coba :

1) Tahu Takwa

Makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Dari makanan ini lah asal mula julukan "Kota Tahu" berasal. Tahu takwa merupakan tahu yang berwarna kuning dan memiliki tekstur padat. Kata "takwa" sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Konon pencipta tahu takwa adalah seorang warga keturunan yang bernama Bah Kacung (1912). Tahu takwa dapat Anda temukan dengan mudah di pusat oleh-oleh yang tersebar di sepanjang Jalan Patimura Kota Kediri.

Tahu Takwa (sumber : makananindonesia-top.blogspot.com)

2) Gethuk Pisang

Masyarakat Jawa sudah terbiasa menyantap gethuk. Gethuk umumnya dibuat dari singkong. Tapi di Kota Kediri, gethuk dibuat dari pisang yang selanjutnya disebut gethuk pisang. Gethuk pisang berwarna coklat dan biasanya dibungkus dengan daun pisang. Gethuk pisang rasanya manis seperti pisang tetapi lebih padat dan lebih awet. Konon gethuk pisang pada zaman dahulu merupakan makanan favorit para raja. Gethuk pisang dapat Anda dapatkan di pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh wilayah Kota Kediri

Gethuk Pisang (sumber : budaya-indonesia.org)

3) Pecel Tumpang Kediri

Pecel Tumpang merupakan nasi yang disajikan dalam pincuk daun pisang. Kemudian diguyur dengan sambal tumpang. Dan dilengkapi dengan urap-urap, tempe, rempeyek, dan sambal pecel. Sambal tumpang terbuat dari tempe yang sudah difermentasi sehingga rasanya menjadi gurih, dan lezat. Pecel tumpang dapat Anda beli di sepanjang Jalan Dhoho pada malam hari.

Pecel Tumpang (sumber : makananindonesia-top.blogspot.com)


You may also like

7 komentar:

  1. Alhamdulillah udah pernah yang disebutkan, kurang satu yang belum Pecel Tumpang Kediri. Kalau Pecel Tumpang Nganjuk udah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama kak dengan pecel tumpang Nganjuk. Cuma lebih gurih pecel tumpang Kediri. :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. bagus

    http://st3telkom.ac.id/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara sopan dan tidak melanggar etika. Komentar yang berbau spam akan langsung saya hapus.